Total Tayangan Halaman

Sabtu, 23 Oktober 2010

budayakan (tidak) menyontek

terinspirasi dari sebuah fenomena yang hanya ada di dunia pelajar (baik siswa maupun mahasiswa), sebut saja uts, yang tidak pernah segan memaksa kita untuk belajar lebih keras -_______-

tapi apakah dengan belajar sampe mabok lantas sudah pasti dapat nilai memuaskan? tidak jaminan. bertahun tahun (baca: 2 tahun) gue menjalani uts, biasanya pasti ada yang remid. apalagi pas kelas satu, waduh, dipastikan 3 pelajaran sudah pasti dibawah skbm (tidak perlu disebutkan, pokoknya pelajaran yang berhubungan dengan hitungan yang banyaaaak)
untungnya sejak kelas 11 saya ditetapkan sebagai siswa jurusan ips, sesuatu yang, istilah saya, into me banget. haha

tapi tetep deh ya itu remid nempel terus sama gue. sampe bingung, gimana ya caranya supaya gue bisa ga remid matek? (nah ketauan kan akhirnya)
dulu waktu kelas 10, berbagai cara gue lakukan supaya bisa menghindar dari remid. ya nyontek lah, kerja sama, nyelipin kertas materi dibawah meja, jarkoman jawaban. waduh lengkap deh, dan hebatnya gue ga pernah ketauan melakukan itu semua wahahaha


tapi tetep aja hasilnya ga begitu memuaskan -_____-


sampe akhirnya mulai kelas 11, gue memutuskan untuk berhenti menyontek. atau kerja sama. atau apalah itu yang intinya memakai jawaban orang saat ulangan harian maupun uts dan uas. berhasilkah? tidak juga. hahahaha, gue masih tergoda untuk kerja sama dan meminta jawaban saat bener-bener kepepet ga bisa jawab, walaupun ga separah kelas 10 sih. tapi tetep aja yang namanya nyontek ya nyontek, jadi bisa dibilang rencana gue masih gagal :D


BERANJAK KE KELAS 12..
komitmen untuk percaya pada kemampuan sendiri saat ujian gue jalankan, sampai sekarang pertengahan semester 1. setiap ulangan harian gue ogah menyontek, walaupun gue tau hasilnya bakal jelek (khusus matematika). sampai pada uts kemaren, rasanya Tuhan melihat usaha gue dan memutuskan untuk membantu.
waktu uts sejarah, temen-temen gue pada belajar dari kertas uts tahun lalu, yang gue aja ga ngerti mereka dapet darimana. yasudah gue nimbrung belajar sama mereka, dan ternyataaaaaaaa soal utsnya mirip sama soal yang sebelumnya gue pelajarin bareng temen-temen gue. akhirnya gue bisa dengan cukup lancar mengerjakan, thanks God banget, kalo gue cuma ngandelin yang gue pelajarin dari buku, mungkin gue ga bisa ngerjain soal uts itu


jadi sekarang gue sadar. kalo emang dari awal kita mau bener-bener jujur (dan belajar juga pastinya), pasti ada aja deh jalan Tuhan bantuin kita :)


keep on spirit, masih ada ujian-ujian yang menanti untuk ditaklukkan!

2 komentar:

  1. ayo-ayo semangat! meskipun belum berhasil, kalau hasil kerja keras sendiri pasti lebih puas, lho :D

    BalasHapus
  2. semangat de!
    beda hasilnya orang yang nyontek dan tidak. mungkin sekarang gak keliatan bedanya tapi nanti ke depan pasti terlihat perbedaannya..

    BalasHapus